Para Pejuang Skripsi

Hei Para Pejuang Skripsi — Jangan Berhenti, Gelar Sarjana Tinggal Sejengkal Lagi!

Dea — Hidup ini adalah sebuah perjuangan. Setiap harinya, setiap jamnya, setiap menitnya, hingga setiap detiknya kita selalu di tantang menghadapi berbagai ujian dan cobaan. Ada kalanya kita bisa jadi pribadi yang tangguh, meski tak bisa dipungkiri kita pun masih sering mengeluh.

Buat para teman teman mahasiswa yang tak lama lagi akan meraih gelar sarjana. Gelar sarjana tidak mudah di raih butuh perjuangan, pengorbanan, kesabaran, kesungguhan, dan keuletan. Perjuangan selama kurang lebih 3-4 tahun lama kita mengikuti sejumlah mata kuliah demi mencapai IPK tertinggi dan sejumlah SKS

Sebagai syarat kelulusan, kita pun masih harus menyelesaikan skripsi yang seringkali terasa menakutkan, sulitnya menentukan topik penelitian, menuliskan hasil pemikiran, hingga menjalani proses bimbingan.

“Skripsi memang tak mudah, tapi adakah alasan untuk menyerah???? Bukankah memilih berhenti berarti menyia – nyiakan perjuangan mu selama ini??? Padahal keberhasilan sudah di depan matamu. Jangan takut mengerjakan skripsimu sendiri. Adalah sebuah kebanggaan tersendiri buat mu, orang tuamu, serta anakmu kelak ketika kau berhasil menyeselesaikan skripsi mu”

Skripsi bukan pekerjaan yang bisa selesai dalam hitungan hari. Mungkin, teman – teman hanya butuh waktu antara 3 – 6 bulan lamanya. Sementara, teman yang lain terpaksa harus menempuh lebih dari 1 tahun untuk menyelesaikannya.

Beruntung jika teman – teman bisa melewati masa-masa ini dengan mulus. Cukup 1 atau 2 kali bertemu dosen pembimbing, teman-teman bisa dengan mudah mendapat ijin untuk ujian.

Tapi, apa yang terjadi jika sampai hari ini teman – teman masih sedang berjuang mati-matian untuk skripsinya? Menghadapi dosen pembimbing yang tak mudah diajak kompromi, perfeksionis, atau terlalu sibuk hingga sangat sulit ditemui.

Betapa bosannya ketika melihat lembar demi lembar tulisan yang direvisi, atau rasa kesal yang teman – teman rasakan saat diminta mencari referensi tambahan hingga ke kampus-kampus lain.

Apapun kesulitan yang saat ini teman alami dan saat – saat yang akan datang, yakinlah bahwa semuanya pasti bisa teman – teman lewati selama kita masih tetap bersatu. Kekuatan sejati adalah ketika kita bersatu, bahu membahu dalam kebaikan.

Saat menghadapi masalah atau kesulitan, banyak orang yang justru memilih terus-terusan mengeluh daripada berusaha mencari solusi. Apakah teman – teman termasuk salah satu dari mereka, yang waktunya lebih banyak dihabiskan untuk menyalahkan diri sendiri dan mengutuki keadaan?

Sudah sepatutnya kita bisa introspeksi diri dan merenungi segala yang sudah dilalui. Dengungkan pertanyaan-pertanyaan ini dalam dirimu, lalu mulailah berpikir untuk menemukan solusi atau jalan keluarnya.

Bagiku neraka kecil adalah saat melihat teman-teman wisuda. Memandang mereka bertoga, menyaksikan mereka berfotoria bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan mereka dengan mengenakan pakaian khas wisuda. hatiku menggerutu sembari bertanya: “Apakah aku bisa segera menyusul mereka?”

Terkadang saya merasa iri dan malu melihat teman2 satu angkatanku yang sudah merasakan indahnya seorang sarjana.

Banyak yang bertanya entah itu orang tua, keluarga dekat, saudara, teman, atau bahkan pacar sekalipun “Kapan ki selesai kuliah?” Dengan rasa malu dan lari dari rasa malu itu sendiri saya hanya menjawab “saya masih senang jadi mahasiswa, saya masih ingin bebas, masalah penyelesaian tugas akhir itu belakangan”

Berat hati sebenarnya mengungkapkan hal itu, karena sudah kontradiksi dengan apa yang saya inginkan sekarang. Kuingin agar semua ini bisa berlalu, berharap mimpi akan segera terwujud, membuat kedua orang tua bangga bahwa anaknya pun bisa atau bahkan melampaui anak orang lain.

Saya berharap kepada teman2 yang telah membaca tulisan ini agar segera bangun dari tidur panjang, bangun tuk meraih mimpi. Sadarlah teman2 bahwa orang tua kita dirumah menunggu dengan sabarnya, berharap bahwa kita segera membawa pulang gelar sarjana persembahan untuk kedua orang tua tercinta. *SRMAA

Iklan
%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close